Arenaku.com – Ada satu benda paling penting dalam dunia sepak bola yang terkadang dilupakan orang karena kalah tenar dengan para bintang-bintangnya.

Apalah arti pada legenda atau bintang sepak bola jika tidak ada BOLA ? para pecinta olah raga paling populer di bumi ini lebih suka berburu jersey terkini dari klub atau negara yang di dukungnya jarang yang mengoleksi bola sebagai memorabilia yang bisa mewaliki momen tertentu.

Misalnya replika bola final Piala Dunia tahun sekian, atau ini merupakan bola yang dipakai saat Persija Jakarta juara Liga 1 dan sebagainya..

Kompetisi tertentu identik dengan bola tertentu, berkat kemitraan jangka panjang dan momen yang tak terlupakan, misalnya bola yang dipakai saat perempat final Piala Dunia 1986 dimana Maradona menciptakan gol tangan Tuhannya sehingga mengeluarkan Inggris dari Meksiko.

Berikut 10 bola paling ikonik sepanjang masa seperti dilansir dari Soccerbible:

10. Adidas + Teamgeist (Piala Dunia 2006)
Merupakan bola pertama yang berbeda dari bola-bola sebelumnya, bola ini memiliki 14 panel atau bagian melengkung membentuk desain yang megah.

9. Nike Seitiro (Liga Premier 2011/12)
Seitiro adalah bola pertama sejak 2003/04 yang tidak membawa tanda atau logo T90, melainkan membawa grafik yang dibuat untuk sinyal visual yang optimal di lapangan.

8. Adidas Tricolore (1998 World Cup)
Bola Piala Dunia terakhir yang menampilkan desain ikonik Tango, dan untuk pertama kalinya diperkenalkan warna selain hitam dan putih dengan gambar berwarna biru dengan sedikit warna merah,.

7. Adidas Fevernova (Piala Dunia 2002)
Bola Piala Dunia pertama yang meninggalkan template Tango, Fevernova memperkenalkan tampilan baru adidas yang lebih segar, dengan grafis berdesain api dengan warna kombinasi emas.

6. Adidas Finale (Liga Champions 2000/03)
Pada tahun 2000, adidas mengambil alih kontrak Liga Champions, awalnya hanya memasok bola untuk pertandingan semifinal dan final. Setelah 20 tahun, desain bintang yang langsung dikenali itu menjadi identik dengan kompetisi elit Eropa tersebut.

5. Mitre Ultimax (Premier League 1995 – 2000) 
Dikembangkan dengan DNA Mitre Pro Max dan Mitre Delta, Mitre Ultimax hadir sebagai bola pertandingan resmi terlama dalam sejarah Liga Premier. Bola pertama yang mencatat kecepatan lebih dari 100mph, diklaim oleh Mitre sebagai bola tercepat dan terakurat di dunia.

4. Nike Total 90 Aerow (Premier League 2004/05)
Pada tahun 2004 Nike mengeluarkan T90 Aerow, bola yang bertahan hingga empat generasi terakhir. Desainnya begitu terkenal warna dasar kuning dengan kombinasi lingkaran berwarna biru serta sedikit hitam.

3. Adidas Telstar (Piala Dunia 1970)
Bola pertama yang menampilkan desain heksagonal/pentagonal (32 panel jahitan tangan dari 12 segi lima hitam dan 20 segi enam putih), Telstar sekarang menjadi definisi sepak bola di seluruh dunia. Tidak percaya kami? silahkan cek emoji Anda.

2. Nike Geo Merlin Vapor I (Premier League 2000 / 2001/02)
Nike mengambil alih peran Mitre sebagai pemasok bola di Liga Premier pada awal era milenium dengan bola yang diberi label The Geo Merlin, Nike hingga saat ini merupakan pemasok bola di Liga Premier.

1. Adidas Tango (Piala Dunia 1978)
Bicara tentang warisan abadi dan momen ikonik, bola ini memiliki semuanya. Piala 1978 awal mula bola ini diperkenalkan, desain ini tidak berubah secara fundamental sampai tahun 2002 untuk digantikan bola adidas Fevernova. [sb]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here