Arenaku.com – Lama tidak terdengar kabarnya akhirnya salah satu legenda sepak bola Italia Roberto Baggio bicara tentang sepak bola dan sosok pelatih terbaik.

Saat diwawancara majalah Vanity Fair edisi Italia, pria yang kini berusia 53 tahun itu mengungkapnya kriteria-krita pelatih ideal versinya.

Menurutnya pelatih terbaik adalah sosok pelatih yang bisa mendapakan hati para pemainnya.

“Sepak bola adalah dan akan selalu untuk para pemain, pelatih terbaik adalah mereka yang menyadari itu dan tahu bagaimana memperlakukan pemain dengan kejujuran, tahu bagaimana berbicara dengan mereka, bagaimana menjaga rasa hormat dan sering berdiskusi masalah teknis,” katanya.

“Saya ingin sekali bekerja dengan pelatih seperti itu. Anda dapat mempelajari taktik, tetapi lebih sulit untuk menemukan kualitas sebagai manusia,” ujarnya.

Pelatih Manchester City Pep Guardiola adalah sosok pelatih yang mendekati kata ideal versinya.

Roberto Baggio, Stephen Appiah dan Pep Guardiola

“Saya pikir pelatih saat ini yang saya sukai dan ingin bermain dibawah arahannya adalah Guardiola. Saya pikir dia yang terbaik yang pernah ada,” pujinya.

Baggio adalah rekan satu tim Guardiola saat bersama-sama membela Brescia, meskipun hanya bermain bersama selama enam bulan pada tahun 2003, sebelum akhirnya Baggio pensiun pada musim panas 2004. [sb]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here