Cerita Glenn Hoddle Saat Menjadi Pelatih Chelsea

0
511

Arenaku.com – Glenn Hoddle mengenang saat dirinya berperan sebagai pelatih Chelsea di tahun 90an silam, saat itu nyaris mendapatkan Dennis Bergkamp sebelum akhirnya bintang Belanda itu bergabung dengan Arsenal.

Menurut Hoddle bisa membawa Ruud Gullit ke Stamford Bridge sebagai rekrutan terbesar dalam karir manajerialnya.

Hoddle melatih The Blues dari tahun 1993 hingga 1996 era dimana Chelsea belum ‘sekaya’ seperti saat ini.

“Cukup lucu, (Gianfranco) Zola adalah salah satu yang ingin saya dapatkan dan dia bersedia tetapi uang tidak ada saat itu,” ujar Hoddle di podcastsnya seperti diberitakan Tribalfootball.

“Dennis Bergkamp adalah salah satu yang paling dekat dengan kami. Kami hampir mendatangkannya bersamaan dengan Ruud (Gullit). Tetapi dananya tidak ada karena saay itu di luar jangkauan kami”.

Menurutnya jika saat itu Matthew Harding (wakil Ketua Chelsea saat itu) telah bersedia menyiapkan banyak dana namun terjadi peselisihan dengan Ken Bates (mantan Ketua dan Pemilik Chelsea) sehingga akhirnya Hoddle gagal mendatangkan pemain-pemain incarannya.

“Zola akhirnya datang ke Chelsea dan itu luar biasa bagi para penggemar Chelsea karena dia adalah pemain super.”

Gullit, Dennis Wise (saat ini merupakan Direktur program Garuda Select) dan Zola

Gianfranco Zola bergabung dengan Chelsea dari tahun 1996 hingga tahun 2003 setelah sebelumnya membela Parma, sedangkan Gullit bergabung lebih dulu dari pada Zola tahun 1995 hingga pensiun sebagai pesepakbola tahun 1998 dari klub Italia lainnya Sampdoria.

Sejak 1996 Gullit berperan sebagai pemain dan pelatih di Chelsea karena Hoddle menerima peran baru sebagai manajer Timnas Inggris, sebagai pemain dan pelatih Gullit sukses mempersembahkan gelar Piala FA 1997.

“Dan kemudian saya pergi ke (Timnas) Inggris dan Gullit akhirnya mengelola klub,” ucapnya. [sb]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here