Pemain Man City Ini Kecewa Dengan Sikap Pesepakbola Rusia

0
308
Photo: twitter.com/lnstantFoot

Arenaku.com – Invansi militer Rusia ke Ukraina hingga saat ini masih terus dilakukan, situasi ini membuat bek Manchester City asal Ukraina Oleksandr Zinchenko kembali angkat bicara.

Zinchenko mengaku geram dengan Rusia termasuk mengungkapkan perasaan kecewanya kepada semua pihak di Rusia termasuk para pesepakbola asal Rusia yang disebutnya hanya diam dengan situasi ini.

“Saya tidak bisa hidup di luar situasi ini,” kata Zinchenko kepada The Guardian.

“Mencoba selalu mengikuti apa yang terjadi di Ukraina setiap hari saat ini merupakan hidup saya. Hal pertama yang saya lakukan setiap hari adalah meraih telepon saya. Sudah lebih dari tujuh minggu (sejak Rusia melakukan invansi) dan Anda dapat melihat beberapa orang mulai lupa, mulai untuk beradaptasi dengan kebrutalan di negara saya,” ujarnya.

“Padahal yang terjadi saat ini adalah banyak orang kelaparan, sekarat, mayat ditemukan, jadi bagaimana orang bisa santai? Anda harus berbicara lebih banyak lagi. Saya tidak akan berhenti membicarakannya, karena seluruh dunia harus tahu yang sebenarnya terjadi,” lanjutnya.

Zinchenko berharap semua orang yang memiliki empati kepada Ukraina harus melakukan tindakan nyata secara bersama-sama agar suara atau protes mereka di dengarkan.

“Saya sangat kecewa. Orang-orang (Orang Rusia) yang saya kenal menelepon saya segera setelah invasi terjadi, mengirimi saya pesan: ‘Maafkan saya Alex, tapi kami tidak bisa berbuat apa-apa.’ Tentu saja bisa. Jika Anda tetap diam itu berarti Anda mendukung apa yang terjadi di Ukraina saat ini, dan saya tidak mengerti mengapa mereka mendukungnya,” tanyanya.

“Mungkin mereka takut, karena kita melihat gambar di media sosial orang Rusia dibawa ke penjara jika mereka memprotes. Tapi lihatlah para pesepakbola khususnya, atau siapa pun dengan yang memiliki banyak pendukung. Jika mereka semua memposting sesuatu di Instagram pada saat yang bersamaan dengan mengatakan: ‘Teman-teman, kita menentang perang, kita harus menghentikannya,’ apakah mereka semua akan ditangkap? Tentu saja tidak. Dan itu sayang sekali mereka tidak melakukannya”.

Zinchenko bergabung bersama Manchester City sejak Juli 2016 dari klub Rusia FK Ufa, musim 2016/17 sempat dipinjamkan ke klub Belanda PSV Eindhoven, musim ini bek berusia 25 tahun itu telah memainkan 18 pertandingan di semua kompetisi bersama The Citizens. [sb]

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Alex Zinchenko (@zinchenko_96)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here