Timothy Weah Anak Presiden Liberia Tapi Cetak Gol Untuk AS

0
103
Timothy Weah (Photo: https://twitter.com/USMNT)

Arenaku.com – Pencetak gol Amerika Serikat ketika bermain imbang 1-1 melawan Wales di Piala Dunia 2022 Qatar Timothy Weah membeberkan alasannya kenapa enggan membela Liberia.

Timothy Weah memang unik, merupakan anak dari legenda AC Milan George Weah yang saat ini merupakan Presiden Liberia, namun penyerang 22 tahun itu justru berseragam Amerika Serikat.

Bahkan menurut Transfermarkt, Weah juniorĀ  selain berpaspor Amerika Serikat juga memegang paspor Prancis.

“Saya lahir di New York dan dibesarkan di AS, dimana saya mulai bermain sepak bola bersama tim muda tim nasional,” kata Weah saat di wawancara La Gazzetta Dello Sport bulan Februari lalu.

“Selalu ada perasaan khusus, jadi pilihannya wajar. Fakta bahwa ayah saya adalah Presiden Liberia tidak mempengaruhi keputusan saya,” ucapnya.

“Orang tua saya selalu memberi saya banyak kebebasan dan saya pikir telah mengambil keputusan yang tepat mengingat kami akan lolos ke Piala Dunia, itu akan menjadi mimpi,” ujarnya.

“Sekalipun saya bermain untuk Amerika Serikat, saya pikir saya dapat berkontribusi untuk negara Afrika melalui sepak bola, mencoba menjadi contoh,” lanjutnya.

Timothy Weah mengaku tidak terbebani dengan nama besar ayahnya, tidak hanya karena saat ini seorang Presiden saja melainkan sebagai pesepakbola Weah senior merupakan pemenang Ballon d’Or 1995.

“Saya menganggap diri saya orang yang seimbang, dipanggil Weah bukanlah beban,” katanya.

“Nama keluarga milik keluarga saya dan saya bermain untuk menghormatinya. Fakta bahwa ayah saya adalah bintang internasional dan presiden suatu negara tidak masalah. Bagiku, dia tetap ayahku. Dia memiliki karier yang luar biasa dan terserah saya untuk melanjutkan jalannya,” jelasnya.

“Haruskah saya mulai memikirkan karir ayah saya, semuanya akan menjadi lebih rumit. Jadi saya lebih memilih untuk fokus pada sepak bola saya sendiri, memberikan yang terbaik dan menikmati setiap momen di lapangan”.

Saat ini Weah junior bermain di Prancis bersama LOSC Lille setelah sebelumnya lama bermain bersama Paris Saint-Germain di berbagai level. [arn]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here