Otto Addo Undur Diri Sebagai Pelatih Ghana

0
94
Otto Addo (Photo: twitter.com/ghanafaofficial)

Arenaku.com – Otto Addo resmi meninggalkan perannya sebagai pelatih tim nasional Ghana setelah tim yang dilatihnya gagal melangkah ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 Qatar.

Ghana menyudahi perjalanannya di Qatar sebagai juru kunci Grup H dengan 3 poin, satu-satunya kemenangan Ghana didapat saat mengalahkan Korea Selatan 3-2.

Pelatih berusia 47 tahun itu ditunjuk sebagai pelatih Ghana awal tahun ini, memimpin 12 pertandingan dengan catatan empat kemenangan, tiga seri dan lima kekalahan.

“Ya, saya mengatakannya sebelumnya (akan meninggalkan Ghana usai Piala Dunia). Saya mengatakannya sebagai asisten pada Oktober tahun lalu. Jelas saya mengatakan bahwa akan berhenti setelah Piala Dunia,” kata pelatih 47 tahun kelahiran Jerman tersebut seperti diberitakan Sports Mole.

Addo menegakan bahwa dirinya akan kembali ke Jerman untuk kembali bekerja bersama Borussia Dortmund, sebelum menerima pinangan Ghana sebagai pelatih, Addo merupakan asisten pelatih di Dortmund.

“Saat ini saya dan keluarga melihat masa depan kami di Jerman. Saya menyukai peran saya di Dortmund. Sejak hari pertama saya mengatakan jika kami lolos ke Piala Dunia, saya akan mengundurkan diri setelah turnamen meskipun kami adalah juara dunia,” tegasnya.

“Keputusan tidak hanya ada di tangan saya, bahkan sebelum saya mulai bekerja bersama GFA (Asosiasi Sepakbola Ghana), semua orang tahu saya memiliki kontrak dengan Dortmund dan bahkan saat itu untuk bergabung (bersama Ghana) sangat sulit namun GFA berusaha keras untuk membebaskan saya,” tambahnya.

“Yang harus Anda ketahui adalah posisi saya sebagai pemandu bakat sangat krusial untuk Dortmund. Kami menghasilkan banyak talenta besar. Ini adalah posisi krusial dan penting bagi klub,” tambahnya.

“Biasanya mereka tidak akan membiarkan saya pergi tapi karena saya ingin membantu negara dan GFA datang untuk melakukan pembicaraan yang baik, mereka membebaskan saya selama enam bulan”.

Addo kelahiran Jerman dari orang tua keturuan Ghana, saat aktif bermain tercatat membela timnas Ghana sebanyak 15 pertandingan, usai pensiun tahun 2008 meneruskan karir sebagai pelatih, diawali dengan menjadi pelatiih U-19 Hamburg SV dari 2010 hingga 2015, lalu menjadi asisten pelatih di klub Denmark FC Nordsjaelland musim 2016/17, setelah itu bergabung bersama tim pelatih Dortmund tahun 2020. [arn]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here