Headline

ARENAKU.COM – Gubernur Provinsi Riau Rusli Zainal menyatakan 3rd Islamic Solidarity Games (ISG) akan tetap berlangsung sesuai jadwal. Even dua tahunan ini akan dilaksanakan di Pekanbaru, 6-17 Juni mendatang.

Persiapan yang sudah dilakukan oleh panitia, baik pusat ataupun daerah, sudah berjalan sedemikian rupa. Kerja keras dan upaya telah dilakukan agar hajatan nasional ini dapat terselenggara secara baik dan maksimal.

“Insya Allah, Islamic Solidarity Games dilaksanakan sesuai tanggal yang ditentukan. Sampai detik ini, sama sekali tidak ada wacana untuk mengubah jadwal penyelenggaraan,” ucap Rusli Zainal ketika dihubungi Selasa, (12/2).

Terkait kasus yang saat ini tengah menimpa dirinya, Gubernur Riau menyatakan tak ada dampak signifikan. Kalaupun ada hanya motivasi para pekerja yang sejak lama mengorbankan waktu dan tenaganya agar even ini bisa berlangsung sukses.

“Secara khusus tidak ada pengaruhnya. Apalagi, selama ini pemantapan persiapan ini juga terus dilakukan dalam rapat dengan panitia nasional, pusat dan daerah. Dan kami tidak menemukan kendala,” terang Rusli Zainal.

Bukti kesiapan Riau juga ditandai dengan kehadiran Islamic Solidarity Sport Federation (ISSF) ke “Negeri Lancang Kuning”, sebanyak tiga kali. Tak ada keraguan, melainkan keyakinan bahwa Riau bisa menggelar pesta olahraga ini dengan baik.

“‎​Kesiapan Riau sangat didukung dengan pengalaman menyelenggarakan Pekan Olahraga Nasional 2012 lalu, yang dinilai sukses. Dengan jumlah cabor yang lebih sedikit dari PON, Insya Allah ISG akan bisa kami kerjakan,” kata Rusli Zainal, menandaskan.

Sementara itu Pemerhati Olahraga Riau Ridar Hendri mengatakan, kesiapan Islamic Solidarity Games di Riau tetap berjalan seperti biasa, dan tidak ada pengaruh sehubungan status hukum Gubernur Riau Rusli Zainal yang menjadi tersangka KPK.

“Ini kan event Internasional berbeda dengan PON , kalau untuk event ini kan ada Panitia dari Pusat dan Panitia Nasional,” kata Ridar Hendri. Islamic Solidarity Games III akan mempertandingkan 17 cabang Olahraga dan seluruh venues pertandingan berada di Kota Pekanbaru.

Event ini diprakarsai oleh Islamic Solidarity Sport Federation ISSF. Pada Event Pertama di Mekkah , arab Saudi tahun 2005, Indonesia turut berpartisipasi dan merebut 1 medali emas melalui cabang taekwondo. Sementara Iran yang ditunjuk sebagai tuan rumah ISG II, batal menggelar  event ini karena merebaknya virus Flu Burung pada tahu 2009 lalu, yang melanda negeri itu.[bnt]

  • Share/Bookmark

Tidak Ada Berita Terkait :

Leave a Reply