Alasan Para Bos Klub Kaya Bikin European Super League

0
133
ilustrasi logo Liga Super Eropa

Arenaku.com – European Super League atau Liga Super Eropa akan segera digulirkan dengan melibatkan 12 klub top Eropa minus Paris Saint-Germain, Bayern Munchen dan Borussia Dortmund.

Kompetisi ini ditentang oleh FIFA dan UEFA, bahkan FIFA telah menegaskan akan melarang para pemain yang terlibat dikompetisi ini bermain di Piala Dunia.

Liga Super Eropa mulai kencang di suarakan oleh Presiden Real Madrid, Florentino Perez sejak tahun 2009 karena merasa Liga Champions tidak memberikan keuntungan secara signifikan bagi para elite Eropa karena merasa pembagian hasil keuntungan dari hak siar televisi dianggap tidak adil bagi klub-klub top tersebut.

Selain itu kompetisi ini digulirkan untuk meningkatkan kualitas dan intensitas kompetisi Eropa yang ada sepanjang musim, dan menciptakan format untuk klub dan pemain top gina bersaing secara teratur.

Saat ini ada 12 klub yang telah sepakat untuk menggelar European Super League yaitu Arsenal, Chelsea, Liverpool, Manchester City, Manchester United, Tottenham Hotspur, Atletico Madrid, Barcelona, Real Madrid, AC Milan, Inter Milan dan Juventus.

Florentino Perez yang merupakan Ketua European Super League mengaku dengan digelarnya kompetisi merupakan wujud tanggung jawab klub-klub anggotanya mengakomodir keinginan para penggemar sepakbola.

“Kami akan membantu sepak bola di setiap level dan membawanya ke tempat yang selayaknya. Sepak bola adalah satu-satunya olahraga global di dunia dengan lebih dari empat miliar penggemar dan tanggung jawab kami sebagai klub besar adalah menanggapi keinginan mereka,” kata Perez seperti diberitakan Thesuperleague.com

Sedangkan Presiden Juventus, Andrea Agnelli mengatakan kompetisi ini merupakan bentuk solidaritas secara substansial.

“12 Klub Pendiri mewakili miliaran penggemar di seluruh dunia dan 99 trofi Eropa. Kami telah bersatu pada saat kritis ini, memungkinkan kompetisi Eropa untuk diubah, menempatkan permainan yang kami sukai pada pijakan yang berkelanjutan untuk jangka panjang, meningkatkan solidaritas secara substansial,” kata Agnelli.

Sedangkan Wakil Ketua Manchester United, Joel Glazer berujar bahwa European Super League akan menyatukan klub dan pemain terhebat di dunia untuk bermain satu sama lain sepanjang musim, Liga Super disebutnya juga akan membuka babak baru untuk sepak bola Eropa, memastikan kompetisi dan fasilitas kelas dunia dan meningkatkan dukungan finansial. [sb]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here