Disenggol Miller, Joan Mir Meradang

0
86

Arenaku.com – Pebalap Tim Suzuki Joan Mir menilai pebalap Ducati Jack Miller sengajak melakukan kontak berbahaya saat balapan MotoGO Doha di sirkuit Lisail, Minggu malam tadi.

Kedua pebalap melakukan beberapa senggolan malam tadi, diawali saat Mir memaksa pebalap Ducati melebar dengan manuver agresif di Tikungan 10, saat mereka memperebutkan tempat kelima di tengah balapan.

Mir terlihat mengangkat kakinya saat dia melewati Miller, tapi saat dia keluar dari tikungan terakhir di garis yang lebih lebar, Miller melepaskan kecepatan superiornya di garis lurus, keduanya bersenggolan dan saling bersinggungan di lintasan lurus, tentu dengan kecepatan yang sangat tinggi.

Keduanya bisa mengontrol motornya dan menuntaskan balapan, namun tidak dengan emosi masing-masing pembalap yang meledak saat cooldown lap. Dengan Mir finis ketujuh, dua posisi lebih baik dibanding Miller yang finis kesembilan.

“Apa yang terjadi dengan Jack pada belokan 10 adalah satu-satunya tempat yang bisa saya pakai menyalip. Saya mengambil posisi yang tepat, dia memutuskan untuk tetap di luar. Dia mempertahankan jalurnyanya, kami bersentuhan sedikit. Saya mengangkat motornya,” kata Mir seperti diberitakan Crash.net.

Menurut Mir manuvernya beresiko namun tidak melewati batas, seraya mengatakan ingin meminta maaf kepada Miller.

“Kemudian saya melebar di tikungan terakhir. Ketika saya melebar, saya melihat jack. Dia menggerakkan kepalanya seperti dia melihat saya. Saya pergi ke tepi jalan, di luar garis sebanyak yang saya bisa.Dia langsung menyebrang tepat di atas saya dan kami berdua bersentuhan. Kami hampir menabrak di jalan lurus, itu sangat berisiko, sangat berbahaya. Itu saja. ”

Race Direction mengumumkan selama balapan bahwa tidak ada tindakan lebih lanjut yang akan diambil, tetapi Mir merasa itu bukan insiden balapan biasa namun menurut Mir ada kesengajaan karena manuver pebalap Ducati itu disebutnya sudah melebihi batas.

“Jika memang disengaja seperti yang saya katakan, dia pantas mendapat penalti. Jika tidak, ya tidak mendapatkan pinalti. Tapi saya pikir dia menggerakkan kepala (untuk melihat saya)”.

Adapun hasil balapan di Losail, Minggu malam tadi, pebalap Monster Yamaha Fabio Quartararo menjadi yang terdepan disusul dua pebalap Parmac Ducati, Johann Zarco dan Jorge Martin.

1. Fabio QuartararoFRA Monster Yamaha (YZR-M1)
2. Johann Zarco FRA Pramac Ducati (GP21)
3. Jorge Martin SPA Pramac Ducati (GP21)
4. Alex Rins SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR)
5. Maverick Viñales SPA Monster Yamaha (YZR-M1)
6. Francesco Bagnaia ITA Ducati Team (GP21)
7. Joan Mir SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR)
8. Brad Binder RSA Red Bull KTM (RC16)
9. Jack Miller AUS Ducati Team (GP21)
10. Aleix Espargaro ITA Aprilia Gresini (RS-GP)
11. Enea Bastianini ITA Avintia Ducati (GP19)
12. Franco Morbidelli ITA Petronas Yamaha (YZR-M1)
13. Pol Espargaro SPA Repsol Honda (RC213V)
14. Stefan Bradl GER Repsol Honda (RC213V)
15. Miguel Oliveira POR Red Bull KTM (RC16)
16. Valentino Rossi ITA Petronas Yamaha (YZR-M1)
17. Takaaki Nakagami JPN LCR Honda (RC213V)
18. Luca Marini ITA VR46 Avintia Ducati (GP19)
19. Danilo Petrucci ITA KTM Tech3 (RC16)
20. Lorenzo Savadori ITA Aprilia Gresini (RS-GP). [sb]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here