Jersey Ukraina Bikin Rusia Meradang

0
60

Arenaku.com – Jersey baru Ukraina yang akan dikenakan selama turnamen Euro 2020 menuai kontroversi karena menampilkan rangkaian titik-titik yang membentuk wilayah Ukraina yang disebut pihak Rusia sebagai “Provokasi Politik”.

Rangkaian titik-titik yang membentuk peta wilayah Ukraina itu termasuk di dalamnya simenanjung Krimea serta Donetsk dan Lugansk yang dikuasai separatis pro-Rusia.

Rusia mencaplok semenanjung Krimea dari Ukraina pada tahun 2014 dan menganggapnya sebagai bagian dari wilayahnya tetapi secara internasional diakui sebagai bagian dari Ukraina.

Seperti diberitakan Sky Sports, anggota parlemen Rusia Dmitry Svishchev mengatakan bahwa menampilkan rangkaian titik-titik yang membentuk peta Ukraina adalah “provokasi politik”.

Di dalam peta jersey produksi dari Joma tersebut terdapat logo Asosiasi Sepakbola Ukraina.

Sedangkan pada kerah bagian belakang terdapat tulisan yang dalam bahasa Inggris berarti “Glory to Ukraine!” nyanyian patriotik yang digunakan oleh para demonstran yang mengusir presiden pro-Moskow Viktor Yanukovych pada tahun 2014 sedangkan bagian dalam terdapat tulisan yang menyatakan “Kemuliaan bagi para pahlawan!”

Kedua frasa tersebut juga digunakan di Ukraina sebagai sapaan resmi militer.

Ketua Asosiasi Sepak Bola Ukraina, Andrei Pavelko, mengatakan di halaman Facebook-nya: “Kami percaya bahwa siluet Ukraina akan menambah kekuatan bagi para pemain, karena mereka akan berjuang untuk seluruh Ukraina”. [sb]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here