Carragher: Arsenal Tumbang Karena Tidak Miliki Kedalaman Skuad

0
248
Mikel Arteta - Bukayo Saka (Photo: twitter.com/brfootball)

Arenaku.com – Setelah sempat memimpin klasemen Inggris selama 248 hari, Arsenal harus puas melihat Manchester City meraih gelar juara Premier League musim 2022/23, menurut Jamie Carragher, Arsenal ‘tumbang’ karena soal kedalaman skuad.

Kekalahan Arsenal 1-0 dari tuan rumah Nottingham Forest menbuat Manchester City memastikan gelar juara musim ini yang merupakan gelar juara Inggris ketiga secara berturut-turut.

Di awal musim Arsenal sempat unggul delapan poin atas City, namun sejak pekan kedua bulan April, The Gunners mulai ‘kehabisan bensin’, diawali oleh tiga hasil imbang secara berturut-turut melawan Liverpool, West Ham United dan Southampton, setelah itu kalah dari Man City.

Sempat menang melawan Chelsea dan Newcastle United, namun di pertengahan Mei kalah di kandang sendiri oleh Brighton & Hove Albion dan terakhir tumbang ditangan Forest.

Sedangkan Man City setelah bermain imbang melawan Forest di pertengahan Februari terus menuai kemenangan tanpa hasil imbang apalagi kalah.

“Ketika Anda melihat tim inti Arsenal, itu tidak jauh berbeda dengan apa yang kita lihat dari Man City, mereka memainkan gaya yang mirip,” kata Carragher di Sky Sports setelah pertandingan di City Ground, kandang Nottingham Forest.

“Tapi (Bukayo) Saka telah bermain di setiap pertandingan dan dia bermain di setiap pertandingan musim lalu. Beberapa pemain top Anda tidak bisa bermain sepanjang waktu,” tambahnya.

“Kevin De Bruyne tidak bermain di setiap pertandingan untuk Manchester City dan bagi saya, dia mungkin adalah pemain terbaik di Premier League selama empat atau lima tahun terakhir,” ujarnya.

“Namun kekecewaan terbesar adalah fakta bahwa paruh kedua musim ini merupakan penurunan yang masif (dari Arsenal). Kami tidak dapat menyangkal hal itu. Arsenal memiliki 50 poin pada paruh musim. Anda tahu, memasuki musim apa pun, Anda harus mendapatkan lebih dari 90 poin untuk memenangkan gelar saat ini karena Man City,” jelasnya.

“Arsenal bisa saja berakhir dengan 84 (poin), jadi meskipun kami mengatakan mereka tidak beruntung, mereka telah melakukan semua yang mereka bisa,” ucapnya.

“Mereka berada di jalur yang tepat, namun mereka mengalami penurunan besar-besaran di paruh kedua musim ini dan salah satu alasan terbesarnya adalah mereka tidak memiliki kedalaman skuad. Mereka harus mendatangkan lebih banyak pemain berkualitas,” lanjutnya.

Arsenal diperkirakan akan sibuk di bursa transfer musim panas, dengan Declan Rice dari West Ham menjadi salah satu target mereka, namun Carragher pesimis Arsenal bisa mendapatkan posisi yang bagus lagi musim depan, bahkan jika mereka kembali membangun skuad.

“Saya harus kembali dan berpikir seberapa sering Arsenal akan berada di posisi di mana mereka unggul delapan poin dengan 10 pertandingan tersisa. Itu adalah posisi yang luar biasa dan mereka telah menyia-nyiakannya, kita tidak dapat menyangkalnya. Mereka memiliki musim yang luar biasa tetapi jika mereka kembali berada di posisi itu musim depan, saya akan sangat terkejut, di depan tim berkualitas seperti Man City”. [arn]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here