Piala Dunia 2030 Digelar di Enam Negara Dari Tiga Benua

0
159
Lionel Messi - Argentina (Photo: twitter.com/Argentina)

Arenaku.com – FIFA akan menggelar Piala Dunia 2030 dengan melibatkan enam negara dari tiga benua, Eropa, Afrika dan Amerika Selatan.

Dua negara Eropa, Spanyol dan Portugal ditambah Maroko yang berada di benua Afrika akan menjadi tuan rumah bersama untuk turnamen sepak bola putra edisi 2030, selain itu tiga negara dari Amerika Selatan – Uruguay, Argentina, dan Paraguay akan menjadi tuan rumah pertandingan pembukaan untuk memperingati ulang tahun keseratus (satu abad) turnamen ini.

Piala Dunia pertama kali digelar pada 1930 di Montevideo, Uruguay, oleh karena itu pertandingan pertama akan digelar di kota ini, diikuti dengan pertandingan di Argentina dan Paraguay.

Sisa turnamen yang diikuti 48 tim/negara kemudian akan dipindahkan ke Afrika utara dan Eropa.

“Di dunia yang terpecah, FIFA dan sepak bola bersatu,” kata Presiden FIFA Gianni Infantino seperti diberitakan BBC Sport.

“FIFA, yang mewakili seluruh dunia sepak bola, dengan suara bulat sepakat untuk merayakan seratus tahun Piala Dunia FIFA, dimana edisi pertamanya dimainkan di Uruguay pada tahun 1930 dengan cara yang paling tepat,” ujarnya.

“Pada tahun 2030, kita akan memiliki jejak global yang unik, tiga benua (Afrika, Eropa dan Amerika Selatan). Enam negara – Argentina, Maroko, Paraguay, Portugal, Spanyol dan Uruguay – menyambut dan menyatukan dunia sambil merayakan bersama-sama permainan yang indah ini,” lanjutnya.

Terpilihnya Uruguay pada tahun 2030 merupakan pengakuan atas peran mereka sebagai tuan rumah dan pemenang turnamen pembuka, Argentina sebagai runner-up turnamen tersebut, dan Paraguay sebagai kandang tradisional CONMEBOL. [aRn]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here