Ronaldo Sebut Sepak Bola Eropa Kualitasnya Menurun

0
284
Cristiano Ronaldo (Photo: twitter.com/AlNassrFC_EN)

Arenaku.com – Cristiano Ronaldo menjadi ‘juru kampanye’ Saudi Professional League (SPL) yang disebutnya sebagai kompetisi yang lebih baik dari Major League Soccer (MLS) Amerika Serikat.

Ronaldo bergabung bersama Al Nassr sejak Januari 2023 lalu namun gagal membawa klub Arab Saudinya itu menjadi yang terbaik di musim 2022/23, hanya berada di urutan kedua dibawah sang juara, Al Ittihad.

“Liga Arab Saudi lebih baik dari MLS,” kata Ronaldo ketika ditanya tentang kemungkinan dirinya pindah bermain di MLS seperti yang dilakukan Lionel Messi dengan bergabung bersama Inter Miami seperti diberitakan EPSN.

“Saya membuka jalan ke liga Saudi, dan sekarang semua pemain datang ke sini,” ujarnya.

Pada musim panas ini, sejumlah pemain ternama telah mengikuti jejak Ronaldo, diantaranya Karim Benzema (Al Ittihad), Marcelo Brozovic (Al Nassr), N’Golo Kante (Al Ittihad), Roberto Firmino (Al Ahli), Sergej Milinkovic-Savic (Al-Hilal), kiper Edouard Mendy (Al Ahli), Ruben Neves (Al-Hilal) dan Kalidou Koulibaly (Al-Hilal).

“Dalam satu tahun, semakin banyak pemain top yang akan datang ke Saudi. Dalam satu tahun liga Saudi akan menyalip liga Turki dan liga Belanda,” tambah kapaten Portugal itu.

Ronaldo, pencetak gol terbanyak sepanjang masa bagi Real Madrid juga mengatakan bahwa masa-masa bermainnya di Eropa telah berakhir dan dirinya yakin bahwa level permainan di Eropa dalam beberapa tahun terakhir ini mengalami penurunan.

“Saya 100 persen yakin tidak akan kembali ke klub Eropa manapun,” tegasnya.

“Saya sudah berusia 38 tahun. Dan sepak bola Eropa telah kehilangan banyak kualitas. Satu-satunya yang masih valid dan masih bagus adalah Premier League. Mereka jauh di depan semua liga lainnya,” tambah mantan pemain Manchester United itu. [aRn]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here